Festival Seni Siswa Melestarikan Seni  Budaya Daerah

 

Sumbawa Barat. Diskominfo -  Dalam Gelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dilaksanakan di Taman Tiangnam selama dua hari dari tanggal 23 sampai 24 Juni 2019, ada berbagai seni dan budaya lokal yang ditampilkan oleh anak-anak SD dan SMP se-KSB.

 

Kepala Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Agus, mengatakan Festival dan Lomba Seni tersebut sebagai upaya memberi ruang untuk mengembangkan kreativitas dalam penguatan peningkatan karakter dan potensi seni para peserta didik SD dan SMP, Dinas Dikpora KSB memandang perlu melaksanakan kegiatan yang mampu mewadahi bakat dan seni peserta didik yaitu Festival dan Lomba Seni siswa nasional tahun 2019. 

 

“Festival dan Lomba ini untuk menggali dan melestarikan seni dan budaya daerah, membina dan meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap nilai-nilai seni dan budaya dalam upaya regenerasi festival seni dan budaya yang berakar pada budaya bangsa,” tutur Agus.

 

Salah satu penampilan yang memikat para penonton yang hadir di Taman Tiangnam pada malam itu adalah penampilan Tarian kreasi baru “LANTE BINI” yang dibawakan oleh anak-anak SMP Negeri 3 Taliwang. LANTE yang berarti Menteri dalam struktur pemerintahan atau pasukan khusus, sementara BINI yang artinya wanita. 

 

Tarian tersebut menceritakan tentang keperkasaan, kelincahan, semangat juang dan keberanian wanita Sapugara yang heroik yang turut berjuang dalam perang Undru (perang kerajaan Sumbawa) baik di belakang mengurus logistik maupun di lini depan sebagai  prajurit tempur.

 

Agus Menambahkan, Festival dan Lomba Seni ini juga untuk memotivasi sekolah untuk berperan aktif dan memfasilitasi peserta didik yang berbakat dan berminat pada bidang seni dan budaya untuk dapat mengembangkan kemampuannya masing-masing.

 

Hasil yang diharapkan adalah terciptanya suasana kompetitif siswa antar sekolah, mengembangkan penguatan karakter di bidang seni dan budaya melalui kreatifitas siswa yang mewujudkan toleransi dan cinta terhadap nilai tradisi yang berakar pada pada budaya bangsa. (Feryal/tifa).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru