Nilai Dalam Gendang Beleq

Musik tradisional mengambarkan keistimewaan setiap daerah. Musik tradisional mencirikan tradisi dan budaya daerah. Gendang beleq merupakan salah satu kesenian musik tradisional yang ada di Lombok.

Gendang beleq merupakan kesenian musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok. Nilai historis dan filosofis yang melekat pada gendang beleq menjadi pegangan para pegiat seni musik ini.

Gendang beleq memiliki cerita kekerabatan para sekehe. Sekehe merupakan para pemain gendang beleq. Menampilkan seni musik ini tidak secara spontan. Para pemain harus memiliki ikatan yang kuat dalam memainkan musik ini. Seni musik ini dimainkan sekelompok orang dengan alat musik yang berbeda. Latihan kerap kali dilakukan hal ini bukan semata untuk menampilkan performa yang ciamik saja tapi hal ini untuk menjalin kekerabatan. Satu kelompok gendang beleq terdiri dari berbagai kalangan. Ketekunan juga menjadi tolak ukur keindahan permainan gendang beleq. Semakin tekun berlatih semakin indah permainan gendang beleq.

Pada awalnya, gendang beleq dimainkan sebagai kesenian musik pada masa perang. Disinilah permainan ini  mengambarkan kepahlawanan. Seiring berjalannya waktu, gendang beleq menjadi seni musik yang dimainkan dalam beberapa seremonial.

Gendang beleq bukan hanya menjadi seni musik tradisional kesakralan gendang beleq menjadi keistimewaan seni musik ini. Tabuhan gendang dan gaung gong haruslah seirama. Alat ritmis dan melodi pada seni musik ini yang mengalunkan irama khas gendang beleq. Memainkan gendang beleq dibutuhkan ketelitian bukan hanya sekedar menabuh gendang dan memukul gong.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru