Gambus Kepala NAGA


-
Pemuda kreatif asal Dusun Selakerat Desa Perian Kec Montong Gading Lombok Timur bernama Muzakir sangat gemar dengan musik tradisional lombok yakni CILOKAQ, Sehingga dari kegemaranya itu, tidak sedikit dari alat musik Cilokaq bisa ia mainkan. Salah satunya Muzakir sangat piawai memainkan Gambus, di mana Gambus tersebut  merupakan salah satu alat inti dari musik Cilokaq.

Namun harga dari Gambus lumayan menguras kantong mulai dari harga 300 ribu rupiah hingga mencapai 700 ribu rupiah sesuai dengan kualitasnya, bagusnya Muzakir tidak hanya pandai memainkan gambus ternyata ia juga mampu membuat Gambus tersebut, sisa dari tebangan pohon ayahnyapun  tidak ia sia-siakan melainkan Muzakir  menmanfaatkanya untuk membuat Gambus sendiri.

Tidak hanya itu Muzakir juga memiliki sedikit kemampuan dalam bidang seni ukir, jadi  tidak heran jika kepala dari tangkai Gambus yang ia buat berbentuk seperti kepala naga, dengan alat sederhana dan seadanya seperti bekas pecahan piring ia gunakan untuk menghaluskan Gambusnya dan pisau kecil atau biasa di sebut dalam bahasa sehari hari suku sasak yaitu “meje” untuk membuat ukiran pola naga, iapun  berhasil merubah batangan kayu menjadi gambus.

Muzakir menjelaskan Gambus yang ia buat itu tidak untuk di jual melainkan untuk pribadinya, muzakir mengunkapkan keinginanya untuk memproduksi gambus namun sayangnya  ia tidak tahu untuk memasarkanya menurut muzakir alat musik jenis gambus  jarang yang memainkanya apalagi generasi muda di zaman sekarang lebih suka dengan alat musik seperti gitar dan sebagainya ungkapnya. [] - 01

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru