Batu Akik Trent Baru Di Kota Bima

KM TNC. Batu akik merupakan bagian dari jenis batu permata dimana batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. Di Kota Bima beberapa bulan ini batu akik sudah menjadi trent dan bahkan sebagai bahan perbincangan masyarakat.

Harun salah satunya pencinta batu akik mengungkapkan "saya suka mengoleksi batu akik karena menarik, awalnya saya cuman lihat-lihat saja namun karena kebanyakan orang mulai memakai dan memburu sehingga saya tertarik untuk memakainya" ungkapnya.

"selain mengoleksi juga bisa dijual dan bisa menambah penghasilan" lanjutnya.

Para pencinta batu akik di Kota Bima salah satunya asal Kelurahan Rabadompu Barat sebut saja Bronson panggilannya sehari-hari berprofesi sebagai tukang ojek rela mencari batu pagi hingga sore hari dari wilayah Kab Bima sampai Kab Dompu untuk mendapatkan bongkahan batu sebagai batu permata "beberapa bulan ini saya suka berburu batu akik menginggat di Kota Bima beberapa bulan ini trent dan banyak orang mencarinya, ini menjadikan penghasilan tambahan" ungkapnya.

"saya biasa mencari batu tersebut sampai wilayah Wera, Sape bahkan sampai Kab Dompu" lanjutnya.

Untuk satu batu akik yang sudah jadi bisa dijual 40 ribu, bahkan bongkahan batu saja bisa di hargai jutaan rupiah " satu batu akik bisa dijual 40-150 ribu bahkan ada yang membeli bongkahan batunya saja bisa sampai jutaan rupiah" ungkap harun salah satu Guru di Kota Bima asal Rabangodu.

Batu akik memang sudah menjadi primadona bagi para pencinta batu permata sehingga tidak bisa dipungkiri banyak orang yang rela memburu dan mengoleksinya walaupun jauh. Alamsyah [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru