Ale-Ale Hiburan Rakyat

KM Sambang Kampung- Hiburan rakyat kini sudah mulai berubah, dulu kita mengenal jangger sedangkan sekarang muncul jenis hiburan lain yang diberi nama Ale-Ale. Ale-Ale ini merupakan kesenian rakyat dengan menggunakan perpaduan alat music tradisional dengan modern. Alat yang digunakan tersebut berupa gitar, alat drum band, seruling bambu dan beberapa alat lainnya. Lagu yang didendangkan adalah lagu-lagu Sasak ( Lagu Lombok) dengan diiringi oleh para penari atau jangger.

Suasana Dusun Mudung Barat, Desa Anggaraksa, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur semakin meriah ketika jangger mengundang penonton untuk menari, penonton laki-laki langsung merespon ajakan jangger untuk mengibing (menari bersama), penari yang diundang akan mengeluarkan saweran (uang) sambil menari dan diberikan kepada sang jangger. Sambil mengikuti irama lagu para penari mengeluarkan kemampuan menarinya sampai lagu berhenti dinyanyikan.

Masyarakatpun merasa terhibur dengan kehadiran Ale-Ale dari Labuhan Haji ini, namun dibalik itu semua ada hal perlu mendapatkan perhatian, yaitu para penari dan penyanyi ini adalah anak-anak usia sekolah yang seharusnya belajar di rumah, bahkan ada diantara mereka yang harus terpaksa sekolah untuk mengikuti Ale-Ale ini. Masyarakat juga harus memperhatikan tarian-tarian yang sifatnya kurang etis untuk dipertontonkan jangan sampai menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Pengembangan kesenian memang harus terus ditingkatkan untuk menghibur masyarakat, salah satunya adalah Ale-Ale akan menambah jenis kesenian di Pulau Lombok. Kesenian yang sudah memasyarakat diantaranya Gendang Beleq, Kecimol, Rudat jangger, dan beberapa jenis kesenian lainnya. Acara mengamen ala Ale-Ale yang dilaksanakan Senin  Malam  (21/4) dimulai dari pukul 20.00 sampai 23.00 Wita.  memberikan kepuasan tersendiri bagi masyarakat. Harapannya kedepan adalah Ale-Ale ini menjadi salah satu kesenian yang mampu menghibur masyarakat tanpa harus menghilangkan norma-norma yang ada di masyarakat. [] - 03.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru