Festival Permainan Rakyat


KM Gempar: Festival tari 2013 merupakan ajang untuk menguji keterampilan para seniman Sumbawa khusus dibidang tari. Festival tari ini terselenggara atas kerjasama Dewan Kesenian Sumbawa dengan dinas pemuda olah ragah kebdayaan dan parawisata akan memutu para penari tariaannya selama 2 malam yaitu dari tanggal 2 – 3 juli 2013 yang terdiri dari 11 sanggar seni. Festival tari ini mengangkat tema permainan  rakyat yang mulai dilupakan oleh masyarakat. melalui festival ini diharapkan permainan rakyat tersebut minimal dapat dikenal oleh para remaja dan masyarakat. Dewan Kesenian Sumbawa Pak Iskandar  mengatakan dalam sambutannya bahwa festival tari 2013 ini diselenggarakan untuk menguji kemampuan para seniman, kusus dibidang tari. selain itu, dengan adanya festival ini akan terjadi pelestarian  tarian yang saat ini mulai menghilang. Pelestarian buadaya ini harus dilakukan, karena merupakan jati diri bangsa.

"permainan rakyat samawa sangat banyak, baik yang di mainkan oleh anak-anak sampai dewasa. Melalui festival tari ini, Permainan rakyat tersebut diolah melalui seni gerak. sehingga menciptakan sebuah tarian kreasi. tambah pak Iskandar.

Selain itu Bupati Sumbawa menambahakan  dalam sambutannya” kebudayaan merupakan  roh suatu wilayah. seperti di tana samawa kita tercinta ini,kebudayaan sangat penting  untuk di lestarikan karena merupakan jati diri tau samawa. pelastarian budaya ini tidak lepas dari peran para budayawan, seniman, sanggar – sanggar seni di tana samawa ini. Untuk itu, kepada segenap masyarkat, para seniman dan buadayawan untuk selalu mengembangkan budaya tana samawa agar tidak hilang dibawa arus globalisasi. 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru