logoblog

Cari

Mencintai Budaya Daerah Melalui Pramuka

Mencintai Budaya Daerah  Melalui Pramuka

Sumbawa Barat. Diskominfo - Salah satu kegiatan membentuk karakter siswa pada Lomba Galang Prestasi yang diadakan oleh Sekretariat Cabang

Seni

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
18 Oktober, 2019 09:12:24
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 799 Kali



Sumbawa Barat. Diskominfo - Salah satu kegiatan membentuk karakter siswa pada Lomba Galang Prestasi yang diadakan oleh Sekretariat Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sumbawa Barat tahun 2019 adalah pentas seni.
Pentas seni dalam pramuka akan menimbulkan kesan tersendiri kepada para siswa untuk mencintai budaya karena didalamnya terdapat nilai-nilai budaya daerah. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Cabang gerakan Pramuka Sumbawa Barat, Suprianto.

"Selain belajar disiplin, pramuka juga harus mengenal budaya. Pentas seni ini untuk mengukur kemampuan dan kreatifitas siswa atau peserta didik, sehingga mereka betul-betul dapat mengeluarkan ekspresinya dalam karya seni. Walaupun mereka dari siang telah mengikuti banyak kegiatan dan malam nya dituntut mengikuti pentas seni." Kata Suprianto saat ditemui di lokasi perkemahan kompleks Kemutar Telu Center Sumbawa Barat, Kamis (17/10/2019).

Peserta didik ini, tambah Suprianto, mereka harus menguasai semua lini mulai dari kedisiplinan, kreatifitas, cara berpikir dan budaya, sehingga karakter siswa pramuka terbentuk. Karakter ini tak akan tumbuh dengan sendirinya jika tidak diasah dan dibentuk. Jika kedisiplinan dan kreatifitas seimbang maka akan lahir anak-anak berkarakter yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

Dalam lomba Galang Prestasi ini ada tiga item kegiatan yaitu kegiatan keagamaan yang diisi dengan ceramah dan hafiz alquran, kedua yaitu tekhnik kepramukaan seperti P3K, Pionering, Halang rintang dan penjelajahan. Ketiga adalah seni dan budaya yang diisi dengan pentas seni, masakan tradisional dan carnaval. (feryal/tifa)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan