logoblog

Cari

Kodim Lobar Gelar Lomba Kaligrafi Dan Seni Tari

Kodim Lobar Gelar Lomba Kaligrafi Dan Seni Tari

Mataram-NKRI yang terdiri dari gugusan kepulauan dan jutaan suku, adat, dan budaya, telah melebur dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, dibawah naungan

Seni

Nanang Abdul Hamid
Oleh Nanang Abdul Hamid
14 Agustus, 2019 18:48:47
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 901 Kali

Mataram-NKRI yang terdiri dari gugusan kepulauan dan jutaan suku, adat, dan budaya, telah melebur dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, dibawah naungan Pancasila serta menjunjung panji Merah Putih.

Perbedaan yang menyatu dalam wadah NKRI tersebut harus terus dipupuk dan dibina melalui berbagai upaya, guna menjamin stabilitas nasional.

Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, Kodim 1606/Lobar menggelar komsos kreatif berupa lomba tari kreasi daerah dan melukis kaligrafi  tingkat SMP/MTs sederajat.
Kegiatan yang pesertanya dari sejumlah SMP/MTs sederajat dari wilayah Kodim 1606/Lobar tersebut mengusung tema  "Melalui kegiatan komsos kreatif kita tingkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI", tersebut digelar di Makodim 1606/Lobar, Rabu 15/8.
Kegitan yang dikoordinir langsung oleh Pasiter Kodim 1606/Lobar, Kapt.Inf.AA.G.Budiana tersebut berlangsung meriah .

Dandim 1606/Lobar, Letkol. Czi. Djoko Rahmanto SE., yang dibacakan Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf. Harry Mujiono menyampaikan yang intinya bahwa, kegiatan ini adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Kodim 1606/Lobar, dalam rangka memelihara dan menjalin komunikasi antara Kodim selaku komando kewilayahan dengan masyarakat termasuk dengan para perwakilan guru dan pelajar diwilayah kodim 1606/Lobar. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang kreatifitas seni tari maupun melukis kaligrafi, sehingga diharapkan dapat dilestarikan karena merupakan salah satu warisan budaya. Diharapkan para peserta dapat mengikuti lomba dengan sportif serta penuh semangat serta mengikuti ketentuan yang berlaku. Menanng dan kalah adalah hal yang biasa dalam setiap perlombaan. Seorang juara sejati adalah yang dapat menerima hasil yang sudah ditentukan, pungkasnya.

 

Baca Juga :


Terpisah, Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf.Harry Mujiono menjelaskan bahwa, para peserta akan memperebutkan total hadiah sejumlah Rp.10.000.000,- beserta tropi dan piagam.
"Lomba dalam komsos kreatif ini akan memperebutkan total hadiah sejumlah Rp.10.000.000,- dan dilengkapi dengan tropi juara serta piagam penghargaan. Untuk juara 1 baik lomba tari kreasi maupun seni kaligrafi masing masing akan menerima uang tunai sejumlah Rp.1.000.000,- sedangkan seluruh peserta rara rata akan diberikan uang transportasi serta piagam penghargaan," jelasnya .
Selain itu disampaikannya juga bahwa seleksi telah dilaksanakan sejak 12 Agustus 2019 diwilayah masing masing koramil. Target kegiatan tersebut untuk menumbuhkan dan menjalin komunikasi antara TNI diwilayah tugas masing masing dengan lingkungan sekolah dan pelajar. Melalui penyelenggaraan kegiatan tersebut juga untuk menunjukkan bahwa TNI bukan hanya alat negara, namun juga dapat berperan sebagai mitra, teman ataupun saudara untuk membina bakat dan prestasi para pelajar maupun masyarakat. 
Ditambahkannya pula bahwa lomba kreasi tari daerah tersebut disamping mengasah bakat dan kemampuan, juga diharapkan agar instansi lain juga turut menjaga eksistensi budaya kearifan lokal sebagai alat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta cinta tanah air dalam semboyang Bhinneka Tunggal Ika.(N3G)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan