logoblog

Cari

Sarembang Gandang, Paduan Seni Budaya Sumbawa  di HUT TMII Ke-44

Sarembang Gandang, Paduan Seni Budaya Sumbawa  di HUT TMII Ke-44

Gerakan cepat dengan sentuhan musik rebana disertai dengan yel-yel penyemangat disajikan para seniman Nusa Tenggara Barat dalam balutan seni Sarembang Gandang.

Seni

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
24 April, 2019 16:04:14
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 2414 Kali

Gerakan cepat dengan sentuhan musik rebana disertai dengan yel-yel penyemangat disajikan para seniman Nusa Tenggara Barat dalam balutan seni Sarembang Gandang. Wajah penuh ekspresi para seniman buat riuh para penonton di anjungan Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/4).

Sarembang Gandang disajikan berkat kolaborasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Anjungan Nusa Tenggara Barat dalam rangka Gelar Citra Budaya Tradisi untuk memperingati HUT Taman Mini Indonesia Indah yang ke-44.

Koreografer kreasi ini, Surya Mulawarman mengatakan bahwa ini adalah sebuah paduan atraksi seni budaya daerah Sumbawa yang masih tumbuh subur di dalam kegiatan adat istiadat masyarakat setempat. Paduan seni yang dimaksud adalah kreasi Tembang Gandang, yaitu salah satu dari beberapa jenis tembang khas Sumbawa antara lain Badede, Bakelong, Malangko, Bakembong, Ulan, Sakeco dan lainnya.  

"Kami juga memadukan kesenian Ratib Rabana Ode, yaitu permainan musik yang menggunakan rebana kecil, Bagandang, Tarian, Sakeco, Ngumang serta ilustrasi proses adat Barodak Rapancar, yaitu sebuah prosesi luluran dan pewarnaan kuku bagi calon pasangan pengantin. Semuanya dikemas apik dalam satu atraksi utuh yang diberi tema Sarembang Gandang", tutur Surya.

Pria yang bertugas di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB ini juga menjelaskan bahwa atraksi ini diawali alunan Sarune yang merdu. Sarune ini adalah alat musik khas Sumbawa. Disusul Ngamang yang berisi syair lawas selamat datang dan juga suara-suara atau teriakan penyemangat secara masal yang disebut Bagero dalam bahasa Sumbawa. Uniknya, para penyaji atraksi Sarembang Gandang adalah para siswa-siswi SMKN 3 Sumbawa yang didatangkan langsung ke Jakarta.

 

Baca Juga :


Sementara itu, Sahrirrohman, Kepala Badan Penghubung Daerah Nusa Tenggara Barat mengatakan anjungan NTB ikut ambil bagian dalam memeriahkan HUT TMII tahun ini. "Anjungan NTB tidak pernah absen untuk ikut serta memeriahkan HUT TMII. Kali ini kita bersama Dinas Dikbud NTB menyelenggarakan atraksi Sarembang Gandang.

Hari Sabtu tim sanggar Bumi Gora Diklat Seni Anjungan NTB juga menampilkan beberapa kesenian daerah khas NTB. Sebelumnya juga NTB berpartisipasi dalam Festival Kuliner Khas Nusantara. Semua dalam rangka mempromosikan seni budaya daerah NTB di Jakarta", ucapnya.

Ia menambahkan, dalam rangkaian HUT TMII yang digelar dari 19-21 April 2019, stand kuliner maupun penampilan tim kesenian NTB mendapatkan apresiasi positif dari para pengunjung TMII, bahkan ada wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke NTB setelah melihat atraksi di Anjungan NTB. (Sumber : Badan Penghubung Daerah NTB-Edy Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan