logoblog

Cari

Tutup Iklan

Salam Pecinta Seni Dari Kaum Pelosok Negri

Salam Pecinta Seni Dari Kaum Pelosok Negri

Salam Pecinta Seni Dari Kaum Pelosok Negri Selamat malam para pengagum seni yang ada di dunia ini, tulisan ini saya buat

Seni

Hendra doping
Oleh Hendra doping
20 Desember, 2017 17:38:14
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 3258 Kali

Salam Pecinta Seni Dari Kaum Pelosok Negri

Selamat malam para pengagum seni yang ada di dunia ini, tulisan ini saya buat pada malam setelah terselenggaranya malam LAILATUL ART 3 atau malam kesenian yang memang di acara ini adalah malam dimana semua pecinta seni berkumpul dan melihat, mendengar, menghayati dan memberikan penilaian dari berbagai macam pertunjukan yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggaranya.

Acara ini sudah berlangsung selama 3 tahun dan pada tahun sebelumnya acara ini dilaksanakan pada saat memperingati Hari Sumpah Pemuda pada setiap tanggal 28 Oktober, namun pada tahun ini diselenggarakan LAILATUL ART 3 agak berbeda dengan tahun yang lalu. Mungkin ini karena panitia menunggu Even yang lain seperti pada bulan Rabiul Awal yang berlangsung hingga 18 Desember 2017, artinya bahwa yang biasanya tampil menghibur pada malam-malam LAILATUL ART itu bernuansa Lokal Budaya dan Modern tapi panitia yang terdiri dari  Mahasiswa dan Dosen Prody SENDRATASIK (Seni Drama, Tari dan Musik) Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat, ingin menciptakan suasana yang berbeda.

Ini terlihat dari pamplet yang tersebar di Kota Mataram yang lebih bernuansa Islami dan masih dalam konteks Aroma Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang menampilkan beeberapa Marawis  dan memilih Pondok Pesantren Sebagai lokasi acara.Menurut ketua panitia yang masih duduk di bangku kuliah smister 5 namanya Sahrul Mubarok mengatakan bahwa “seni harus menjadi garda terdepan juga sebagai tren positif, yang nantinya masyarakat punya penilaian lebih dalam menyikapi kesenian yang memang juga bisa kita jadikan sebagai media dakwah, sebagaimana para Wali Songo menyebarkan Agama Islam di Indonesia. Acara ini juga sebagai ajang pelestarian seni dan bentuk apresiasi kita yang cinta kedamaian dan keindahan terhadap seni saat ini.

Acara sesi foto bersama dengan Pimpinan Pondok Persantren Al-Mansyuriah Ta’li Mushibyan Sangkong Bonder

Acara ini berlangsung dengan seksama dan mendapatkan apresiasi dari warga setempat, santri dan para guru-guru yang hadir dalam malam kesenian tersebut, ini terlihat dari julah penonton yang hadir mlebihi dari target  prediksi maksimal panitia. Namun acra ini memang tidak di lirik sama media-media local karena mungkin ini adalah kegiatan yang tidak baik dan kurang minat untuk di ekspose dalam berita media baik televise maupun media cetak. Namun bagi saya yang menonton penuh dengan kebanggaan meskipun saya telat untuk mengekspose karena memang tidak saya pungkiri bahwa saya juga berasal dari kampung yang jauh dari fasilitas sinyal yang memadai, tapi mudah-mudahan dari tulisan ini semua orang dapat memberikan nilai positif tentang kegiatan-kegiatan yang bernuansa seni dan pendidikan karakter cinta kesenian local. Amin.

 

Baca Juga :


Setelah usai acara malam kesenian atau malam LAILATUL ART 3 ini semua panitia berharap bahwa jangan sampai ada oknum yang menyalahgunaan media kesenian demi keuntungan priadi, yang memang kita tahu bersama bahwa kesenian adalah hal yang baik untuk  bisa menjadi media Edukasi yang fleksibel. Seni bukan hanya untuk hiburan akan tetapi seni juga bisa sebagai ritual keagamaa, tradisi dan media Dakwah.

Tidak perlu engkau bisa menari, bernyanyi, dan menghiasi, baru bisa tahu seni. Tapi cukup engkau naik ke atas genteng rumah waktu malam hari dan melihat bintang bertaburan yang dikumandan oleh bulan dan engkau cukup bilang Subhanallah, maka engkau termasuk seniman. 

Trimakasih semoga bermanfaat.



 
Hendra doping

Hendra doping

Yusril Ihza Mahendra Sinah, 21 januari 1997 Dusun Sinah Desa Pengembur Pujut Loteng Mahasiswa UNU-NTB Prody Ekonomi Islam 082340953891

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan