logoblog

Cari

Tutup Iklan

Batu Badar Besi Merah Ada di Lombok

Batu Badar Besi Merah Ada di Lombok

Halo sobat kampung media, saya paham kalau sekarang bukan zaman batu akik lagi.  Tapi tak apalah kita mengenangnya kembali, karena biar

Seni

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
15 Desember, 2016 21:01:10
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 58002 Kali

Halo sobat kampung media, saya paham kalau sekarang bukan zaman batu akik lagi.  Tapi tak apalah kita mengenangnya kembali, karena biar bagaimana pun batu akik pernah menjadi fenomena pada tahun-tahun kemarin. Namun bila dipikir lagi, tentu masih banyak orang yang memiliki koleksi batu akik. Bahkan masih ada beberapa orang yang masih sering mencari batu akik di tempat-tempat tertentu. Atau mungkin sobat-sobat kampung media memilki koleksi batu akik.Tapi kali ini saya akan bicara tentang batu badar besi, karena di Nusa Tenggara Barat, khususnya Pantai Soka dekat dermaga awang, Kecamatan Mujur, Lombok Tengah sering ditemukan bongkahan batu badar besi..

 

Batu badar besi termasuk jenis batu akik yang sudah lama ada dalam dunia batu akik di Indonesia. Keberadaan batu ini sering diartikan sebagai batu yang memiliki khasiat atau bertuah. Namun, menurut para sesepuh batu akik, batu bertuah hanya untuk batu yang sengaja diisi oleh khodam dengan cara ritual khusus.

Karakter batu badar besi adalah keras dan pada umumnya tak tembus cahaya bila disenter. Namun menurut tuturan para pecinta batu akik bahwa badar besi ada juga yang tembus bila di senter walaupun sangat jarang sekali. Selain itu, badar besi mengandung kadar besi yang sangat tinggi, dan bisa menempel bila bersentuhan dengan magnet. Beberapa orang menyebutnya bahwa batu badar besi adalah batu jagoan dan jika dimilkinya dapat membuat orang kebal terhadap benda tajam yang berbahan besi.