logoblog

Cari

Tutup Iklan

Hiasan Dinding dari Kerang

Hiasan Dinding dari Kerang

KM. Sukamulia – Cangkang siput atau yang disebut dengan istilah kerang tidak begitu sulit untuk ditemukan, terutama di sekitar wilayah pesisir.

Seni

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
15 April, 2015 21:19:38
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 101102 Kali

KM. Sukamulia – Cangkang siput atau yang disebut dengan istilah kerang tidak begitu sulit untuk ditemukan, terutama di sekitar wilayah pesisir. Kerang banyak ditemukan di sekitar wilayah pantai yang lautannya agak dangkal. Secara umum kerang digunakan untuk membuat hiasan, bahkan sejak zaman purba, berbagai jenis kerang digunakan untuk membuat pernak pernik yang digunakan sebagai hiasan badan (bandul kalung dan gelang). Manusia di zaman modern juga tidak jarang yang menggemari benda itu, bahkan ahir-ahir ini kerang dicari-cari untuk diolah menjadi berbagai jenis hiasan dan pernak pernik dan salah satunya adalah sebagai hiasan dinding.

Hiasan dinding dari kerang dibuat oleh para pencinta seni dalam berbagai bentuk. Kerang-kerang kecil dirangkai menjadi hiasan dinding yang berbentuk gorden, ada yang dibuat menjadi hiasan lampu dalam berbagai bentuk lampion, ada yang dibuat menjadi asbak, ada yang dibingkai dan banyak lagi jenis lainnya.

Ahir-ahir ini penulis kerap menemukan para pedagang sopenir/cinderamata menjajakan kerang, terutama di tempat-tempat wisata yang berada di wilayah pantai. Misalnya saja di sekitar pantai Kute Lombok Tengah dan di Pantai Senggigi Lombok Barat. Berbagai jenis kerang mereka jajakan, harga jualnya sesuai dengan keunikan bentuk dan besar kecilnya kerang. Harganya berkisar dari Rp. 25.000 hingga ratusan ribu. Sekali lagi harga jualnya tergantung dari jenis, kenuikan bentuk dan besar kecilnya.

Kerang yang dijual tersebut rata-rata masih dalam keadaan aslinya, sehingga pembelinyalah yang akan mengolah kerang itu sesuai dengan keinginan yang ia kehendaki. Nah kalau penulis si biasanya membuat kerang sebagai hiasan dinding. Kegemaran ini sudah penulis nikmati sejak lama sebab itulah saat ini penulis punya beberapa koleksi hiasan dinding dari bahan kerang. Mengoleksi kerang juga banyak digemari oleh kawan-kawan bermain penulis sehingga jika kami bermain-main ke pantai, kami selalu berlomba mencari sisa cangkang siput laut/kerang.

Kerang yang penulis dapatkan biasanya penulis buat sebagai hiasan dinding. Penulis memang bukan seorang seniman, namun setidaknya ada sepercik jiwa seni yang mengalir dalam darah penulis, heheee. Ya mungkin itulah sebabnya penulis sering berkarya seni, termasuk membuat hiasan dinding dari bahan kerang.

Jika adan ingin membuat hiasan dinding sperti apa yang penulis buat, caranya sangat gampang kawan. Pertama-tama kumpulkan dulu kerang, anda bisa mencari di pantai dan bisa juga membelinya. Setelah anda mendapatkan kerang, anda tinggal membuatkannya bingkai dari bahan apa saja yang anda senangi. Setelah bingkainya jadi, anda tinggal menempel kerang pada bingkai itu sesuai dengan kehendak anda, insyallah itu akan terlihat seni dan menenangkan jiwa dan menggoda pandangan mata.

Penulis sich sering membuat hiasan dinding dari kerang dengan membuatkannya wadah/bingkai dari bahan campuran pasir dan semen. Cara pembuatannya gampang kok… Sebelum membuat wadah, siapkan dulu alat dan bahan yang anda butuhkan. Alatnya cukup menggunakan cepang, ember dan rembagan dari kayu. Sedangkan bahannya hanyalah semen dan pasi pantai. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang lebih menarik maka siapkanlah biji-bijian, kerikil pantai, atau kerang-kerang kecil.

Setelah alat dan bahan siap maka anda tinggal mencampur pasir, semen dan air di dalam sebuah ember. Takarannya seperti takaran orang membuat luluh cocrcoran sehingga hasil campurannya adalah PC cair (luluh odak: sasak). Setelah PC-nya diaduk dengan rata maka tuangkan PC itu pada rembagan yang telah disiapkan, ratakan PC itu dengan menggunakan cepak dan tempellah kerang yang anda siapkan pada PC cair itu. Untuk memperindah karya ini, buatkan bingkai pada bagian pinggir PC cair yang teah diratakan. Terserah anda mau membingkainya dengan kerikil pantai, batu akik, biji jagung atau yang lainnya dan akan sangan bagus jika dibagian pinggir juga ditempelin kerang-kerang kecil sebagai bingkainya.

 

Baca Juga :


Setelah semuanya selesai, tunggulah PC itu kering. Biasanya sich PC-nya akan mongering dan kuat setelah dibiarkan dalam waktu 5 hingga 8 jam. Setelah PC itu kering maka anda tinggal mengangkat hiasan dinding itu dari rembagannya. Agar hiasan dinding anda kelihatan lebih menarik maka lakukanlah finising dengan melakukan pengecatan. Setelah dicat maka anda akan mendapatkan hiasan dinding dari kerang yang indah dan menawan mata.

Oya, hiasan dinding dari kerang juga punya potensi ekonomi. Penulis saja sudah beberapa kali menjual hiasan dinding dari kerang yang awalnya penulis buat untuk memenuhi hasran sendiri. Namun karena kawan-kawan yang berkunjung kerumah senang melihat hiasan dinding tersbut maka mereka membayar hiasan dinding tersebut  dengan harga yang lumayan.

Jika anda berminat untuk menjual maka buatlah hiasan dinding dari kerang dengan seindah mungkin. Satu hiasan dinding dari bahan kerang dapat anda jual dengan harga Rp. 100.000 hingga Rp. 250.000. Bahan dasarnya (kerang) saja mahal, apalagi yang sudah dipoles dan dibuat dengan bentuk sedemikan rupa, ea insyallah pencinta seni tidak akan enggan untuk membelinya.

Jika anda ingin betah tinggal di rumah maka hiasilah halaman dan dinding rumah anada dengan hiasan dinding yang membuat anda senang, termasuk dengan hiasan dinding dari kerang. Jika rumah anda sudah dihiasi sedemikain hingga maka insyallah rumah itu akan menjadi syurga bagi anda dan keluarga anda. “Baiti Jannati (rumah Ku adalah syurga ku)”, demikainlah kata-kata bijak yang memberikan kita motivasi untuk menghiasi rumah kita dengan segala keindahan, tujuannya adalah supaya kita betah dan tidak bosann-bosan memandangi dan menempati rumah kita yang meskipun rumah itu adalah rumah yang sangat sederhana. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan