logoblog

Cari

Tutup Iklan

SDN 5 Gondang Tonjolkan Eskul Seni

SDN 5 Gondang Tonjolkan Eskul Seni

Salah satu upaya menciptakan dan mengasah jiwa seni dikalangan murid adalah melalui pembinaan ekstrakurikuler (eskul). Kegiatan eskul, selain pramuka yg memang

Seni

KM. Pondok Kalua
Oleh KM. Pondok Kalua
16 Mei, 2014 12:59:40
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 7720 Kali

Salah satu upaya menciptakan dan mengasah jiwa seni dikalangan murid adalah melalui pembinaan ekstrakurikuler (eskul). Kegiatan eskul, selain pramuka yg memang sudah ada dan rutin dilakaukan oleh rata-rata sekolah ditanah air, kegiatan lainnya yg juga tidak kalah menarik untuk diangkat adalah kegiatan eskul seni, baik seni klasik (local), kontenporer maupun modern.

Khusus di KLU, kegiatan eskul yg dilakukan pihak sekolah diberbagai jenjang pendidikan, juga menjadi salah satu kegiatan yg pasti dilakukan. Sebut saja SDN 5 Gondang, disekolah ini  kegiatan eskul yg mulai Nampak menonjol adalah kegiatan eskul seni tari kreasi, menyusul eskul yg sudah ada sejak tahun 2011 yaitu seni tradisional gendang beleq.

Kesenian gendang beleq ini mulai kami tonjolkan, karena pada tahun 2011 sekolah kami mendapatkan dana pembinaan sebesar 150 juta rupiah dari kemendiknas” terang  Kepsek SDN 5 Gondang Kirtha,S.Pd.

Dalam koleksi prestasi, SDN 5 Gondang ini adalah salah satu unggulannya. Pasalnya, diberbagai event, baik O2SN maupun OSN, sekolah yg letak nya tidak jauh dari kantor camat Gangga ini memiliki segudang prestasi yg patut dibanggakan. Prestasi itu diantaranya, menjadi harapan 1 pada lomba FLS2N seni tradisional gendang beleq tingkat provinsi NTB tahun 2013. Kemudian ditingkat Kabupaten Lombok Utara pada tahun 2014 menjadi juara 1 OSN IPA, juara 3 lomba pidato bahasa Indonesia dan juara 3 sepak bola dalam O2SN.

Selain itu, pada tahun 2014 kembali sekolah ini berkiprah ditingkat provinsi NTB dalam lomba FLS2N Seni Tari Kreasi Lakoq Aiq dan hanya mampu menjadi juara kedua. Dibawah asuhan Naslim,S.Pd guru Pembina kesenian yg tergabung pada sanggar seni wajar bergema milik SDN 5 gondang dalam kiprahnya turut membangun daerah Tioq tata tunaq ini sangat dominan. Terutama dalam mengisi acara yg digelar pemerintah daerah kerap kali diundang.

 

Baca Juga :


Selanjutnya Kepsek SDN 5 Gondang Kirtha,S.Pd mengatakan, kegiatan seni lainnya yg ditonjolkan disekolahnya, selain seni Tradisional Gendang beleq dan seni kreasi, juga saat ini yg baru dimulai kembangkan adalah seni drama. Hal ini, menurur Kepsek yg juga Pembina mahir untuk golongan penggalang ini adalah cara yg baik untuk membantu meningkatkan kosa kata anak. Ini dimaksud karena anak-anak akan cepat merespon music secara alami. Anak juga dapat bergerak, membuat nada-nada musik drama sendiri, tandas Kirtha.

Untuk memantapkan kekompakan dalam bermain drama dan tari, tambah Kirtha, tentu menjadi keharusan pihak nya untuk berbuat lebih ekstra kepada kegiatan eskul yg memang sudah di agendakan disekolah ini. Hal itu dilakukan, sebab dengan demikian nantinya akan dapat memberikan wawasan dan membantu cara berfikir anak. Karena itu tak ada salahnya untuk memberikan les musik, drama dan tari pada anak sejak usia dini. (nonong) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan