logoblog

Cari

Keberagaman NTB Culture Diplomasi Indonesia

Keberagaman NTB Culture Diplomasi Indonesia

Apresiasi wisatawan terhadap destinasi wisata di NTB cukup bagus. Wisatawan bisa belajar memahami bagaimana cara beragama dan budaya yang ada di

Seni

inaf
Oleh inaf
13 Januari, 2014 19:55:57
Seni
Komentar: 0
Dibaca: 10490 Kali

Apresiasi wisatawan terhadap destinasi wisata di NTB cukup bagus. Wisatawan bisa belajar memahami bagaimana cara beragama dan budaya yang ada di NTB dan menurut saya itu justru akan menjadi bagian culture diplomasi yang bagus untuk Indonesia

--------------------------

Itulah yang dikabarkan Gubernur NTB, DR TGH M Zainul Majdi di dalam acara Talk Show bertajuk Coffee Break bulan lalu (19/11). TGB mengurai NTB di TV One selama 30 menit. Acara yang dikemas santai itu membuat setiap pembicara merasa nyaman dalam menyampaikan kabar kebaikan. Sebuah ikhtiar menghadirkan potensi daerah di pentas nasional.

Provinsi NTB, kata Majdi memiliki berbagai macam potensi. Salah satunya adalah potensi wisatanya, baik wisata alam, budaya maupun religi. Maka tidak heran, jika NTB mampu menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diperhitungakan, bahkan menjadi contoh pengembangan wisata di dunia.

Apa sesungguhnya telah dilakukan NTB hingga bisa menjadi contoh pengembangan wisata di dunia? Tak lain adalah adanya kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan tentu saja masyarakatnya.

Di NTB terdapat 280 pulau, yang terdiri dari pulau besar dan pulau-pulau kecil. Pulau yang besar di antaranya adalah Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Hampir semua destinasi wisata utama ada di kedua pulau tersebut. Sisanya pulau-pulau kecil yang juga tak kalah menarik.

Pulau-pulau kecil ini disebut dengan Gili. Yang cukup tersohor antara lain adalah Gili Trawangan, Gili Meno atau pun Gili Air. Tentu saja masih ada gili-gili lain yang tak kalah memikat semisal Gili Nanggu dan Gili Sulat.

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah NTB dalam lima tahun terakhir ini telah membuat pertumbuhan wisata di NTB terbilang sangat progresif. Hal ini bisa terlihat dengan meningkatnya angka kunjungan wisata yakni dari 400.000 pada tahun 2008 menjadi sekitar 1, 1 juta wisatawan di tahun 2012.

Hal paling utama yang dilakukan oleh pemerintah NTB dalam memajukan pembangunan sektor pariwisata adalah menfasilitasi para pelaku usaha di NTB untuk mengembangkan usaha wisata di NTB. Selain itu pemerintah juga memfasilitasi inisiatif masyarakat untuk pengembangan pariwisata lebih lanjut.

"Kami yakin betul bahwa peran pemerintah itu adalah fasilitator," ujar Zainul Majdi. "Kami berusaha terus memfasilitasi para pelaku usaha di NTB untuk mengembangan usaha wisata di NTB, memfasilitasi inisiatif masyarakat untuk mengembangkan wisata, pemerintah juga menfasilitasinya dengan program pembenahan infrastruktur di beberapa destinasi wisata di NTB agar akses lebih mudah dan wisatawan lebih nyaman dan lebih suka untuk datang," lanjutnya.

Upaya ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat dan beberapa investor yang serius untuk benar-benar mengembangkan potensi wisata di NTB.

 

Baca Juga :


Masyarakat NTB memiliki religiustitas yang sangat tinggi, tapi pada saat yang sama terjadi pertumbuhan wisata yang sangat progresif. Dalam hal ini gubernur yang akrab disapa dengan TGB ini mengungkap bahwa pariwisata dan kehidupan beragama bisa saja berjalan seiring.

"Sesungguhnya tidak ada dikotomi antara penghayatan keagamaan dengan pertumbuhan wisata, sebab keduanya bisa berjalan seiring. Tidak ada istilah shock culture di kalangan masyarakat terhadap perkembangan Wisata. Bahkan turis-turis yang datang terkesan menghormati adat dan budaya yang ada di NTB," ujarnya.

Apa yang dikatakan Gubernur Zainul Majdi bukan hal yang berlebihan. Sebab sejauh ini apresiaasi wisatawan terhadap destinasi wisata di NTB cukup bagus. "Justru sebaliknya, wisatawan bisa belajar memahami bagaimana cara beragama dan budaya yang ada di NTB dan menurut saya itu justru akan menjadi bagian culture diplomasi yang bagus untuk Indonesia. Dan masyarakat masyarakat tahu bahwa banyak hal yang menarik di NTB," tegas Majdi.

Dari sisi infrastruktur, lanjut Zainul Majdi,pemerintah telah membangun berbagai macam kemudahan akses dan pelayanan terhadap kunjungan wisata, di antaranya pembangunan Bandara Internasional Lombok (BIL) yang kapasitasnya terus di perbaiki dan kian membesar.

“Seperti contoh misalnya bulan lalu telah menerima trayek yang baru dari Australia. Bahkan kini BIL melayani trayek langsung dari Singapura, Malaysia, Austraslia dan ke depannya memungkinkan akan ada langsung dari Hongkong,” jelasnya

Di samping itu sarana perhubungan laut juga terus diperbaiki. Pelabuhan-pelabuhan laut terus dibenahi. "Yang paling utama adalah jalan-jalan menuju destinasi tersebut, sarana-sarana umum, fasilitas umum di destinasi tersebut misalnya toilet dan lain-lain harus terus menerus dilengkapi," jelas gubernur. 

Tak hanya wisata alam yang menarik di NTB, wisata budaya sangat mungkin berkembang. NTB terdapat ragam budaya yang hebat dengan adanya tiga etnis yakni etnis Sasak, etnis Samawa dan etnis Mbojo. Masing-masing etnis ini memiliki kekayaan budayanya sendiri yang turut memperkaya khasanah budaya di NTB. Misalnya saja ada desa-desa adat di Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Bima, juga Dompu. Itu semua menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang ingin melihat dan menghayati nilai-nilai budaya di NTB.

Jika menyebut NTB, orang akan sering mendengar istilah "Pulau Seribu Majid'. Sebutan ini tidak berlebihan karena di Pulau Lombok terdapat begitu banyak masjid yang indah-indah dari segi arsitekturnya yang akan menjadi daya tarik wisatawan tersendiri. Cukup banyak wisatawan yang ingin melihat tempat-tempat ibadah seperti ini. Dan ini merupakan bagian dari toleransi di antara umat beragama. Jika semua potensi wisata ini terus menerus dikelola dengan baik, NTB akan menjadi destinasi wisata utama di Indonesia. [tim]

 



 
inaf

inaf

xproject
Born: February 20-1967, Aberdeen Washington, USA
Guitar: Fender-Mustang, Jaguar, Stratocaster, Telecaster
Amplification: MesaBoogie Preamp, Sunn-Beta LeadHead, 4X12 Peavey
Pedals: BOSS DS1-DS2, Tech 21 Sansamp C, Orange

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan